3+ Pengertian Daya Saing Perusahaan dan Konsepnya Lengkap

Posted on

pengertian daya saing perusahaan

Pengertian Daya Saing Perusahaan dan Konsep Daya Saing

IndonesiaStudent.Com– Perdagangan bebas di kawasan ASEAN telah dimulai hingga pada akhirnya menimbulkan suatu persaingan yang sangat ketat bagi perusahaan. Oleh karenanya pada kesempatan ini kami akan memberikan definisi atau Pengertian Daya Saing Perusahaan dan Konsepnya.

Baca Juga: 

  1.  6 Pengertian Manajemen Publik Terlengkap
  2.  Pengertian Demografi Menurut Para Ahli dan Contoh Pentingnya Bagi Masyarakat 
  3. Pengertian Daya Saing Bangsa Menurut Para Ahli Lengkap

Pengertian Daya Saing Perusahaan


Daya saing perusahaan merupakan suautu kemampuan perusahaan dalam menghasilkan produk/jasa guna memenuhi kebutuhan pasar internasional dan nasional. Daya saing perusahaan dilakukan guna menpendapatan laba yang tinggi dan diharpkan berkelanjutan.

Konsep Daya Saing


Secara umum Menurut sebuah buku yang ditulis oleh Kementerian Perdagangan Republik Indonesia dikatakan bahwa cara untuk meningkatkan daya saing dapat dialkukan dengan hal-ghal berikut ini;

Cara Meningkatkan Daya Saing

  1. Meningkatkan efisiensi, efektifitas, dan kualitas produksi
  2. Memperluas jaringan pemasaran
  3. Meningkatkan kemampuan dalam penguasaan teknologi, informasi, dan komunikasi (TIK) serta internet, termasuk pemasaran dan lobby.

Oleh sebab itu, untuk mendukung daya saing maka suatu perusahaan dapat membuat sebuah gagasan yang mampu meningkatkan pembangunan ekonomi dengan hasil laba yang bersih. Daya saing perusahaan ini penting dilakukan karena akan mampu membentuk peluang untuk meningkatkan volume ekspor barang dari Indonesia ke negara-negara di Internasional, selain itupula daya saing akan mampu mendrong terbukanya pemanfaatan teknologi diantara perusahaan anggota-anggota yang ada di dalamya.

Contoh Perusahaan yang Mampu Meningkatkan Daya Saing


Sebagai contoh pada zaman milineal seperti saat ini ada beberapa perusahaan yang mampu meningkatkan Daya Saing secara kompetitif dan cerdas. Dinatranya adalah pemilik facebook yang sampai saat ini terus menrajai perekonomian di dalamnya, seperti menguasai akun Watshaap, menguasai akun Instragam dan beberapa media sosial lainnya.

Keuntungan dari perusahaan yang dapat meningkatkan daya saing antara lain ia akan mampu keluar dari zona bahaya atau kebangrutan sebab hanya dengan cara demikianlah perusahaan dapat berjalan dengan normal.

Daya saing juga harus didukung dengan sumber daya manusia yang kompetitif dan mampu meningkatkan hasil-hasil produksi perusahaan, sebab hanya dengan cara itulah perusahaan akan bisa melakukan daya saing dengan baik.

Demikianlah Pengertian Daya Saing Perusahaan dan Konsepnya Lengkap. Semoga dengan adanya bahasan ini dapat membantu dan dapat pula menambah literasi dan wawasan para pembaca. Trimakasih 🙂

3+ Pengertian Daya Saing Perusahaan dan Konsepnya Lengkap
5 (100%) 1 vote