3+ PENGERTIAN Koloni dan Bahasannya Lengkap

Posted on

Pengertian Koloni Menurut Para Ahli

Pengertian Koloni dan Bahasannya

IndonesiaStudent.ComKoloni ataupun seringkali kita kenal dengan penjajah dapatlah diartikan secara umum sebagai tempat yang dikuasai oleh negara lain. Koloni bisa menjadi salah satu aspek yang sangat mengkhawtirkan bagi kehidupan manusia, contoh besarnya adalah pendudukan Indonesia yang pernah di jajah oleh Belanda dan Jepang.

Baca Juga:

  1. 4+Contoh Konflik Antar Suku di Indonesia Lengkap
  2. 9+ Contoh Konflik Antar Agama di Indonesia dan Dunia Lengkap
  3. “Bonus Demografi Indonesia” Tenaga Kerja, Syarat, dan Kesiapannya [Lengkap)

Pengertian Koloni


Koloni adalah penguasaan atas suatu tanah atau daerah oleh negara lain, baik dalam bentuk pemerintahan/kerajaan. Sehingga ia menghabiskan seluruh sumber daya alam dan memanfaatkan sumber daya manusianya secara maksimal untuk keuntungan negaranya.

Pengertian Koloni Menurut Para Ahli


Eko Sujatmiko (2003)

Dalam pengertiannya koloni adalah negara jajahan yang dikuasi oleh negara lain, sehingga dalam bentuk aturan yang ada di negara tersebut diatur oleh penjajahnya (sebutan koloni). Baik dalam hukum, ekonomi, politik, ataupun aspek-aspek yang lainnya.

Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)

Definisis Kolonial/ko.lo.ni.al adalah suatu hal yang erat hubungannya dengan sifat jajahan, yang dimana pemerintah lain menguasai jalur pelayaran di kepulauan tersebut.

Contoh Kolonial


Sebagai contoh atas pengertian diatas, yang bisa disebutkan adalah Kolonial terbesar di dunia, yang ada pada abad 16-an, yakni Inggris dan Spannyol. Pada abad tersebut dua negara ini melakukan penjajahan kepada negara-negara lain, misalnya di Indonesia yang pernah di jajah juga oleh Inggris, Malaysia, dan juga Singgapura. Jajahan negara-negara tersebut dialkukan oleh konial, yakni Inggris.

Istilah-Istilah dalam Kolonial


Ada beberapa istilah yang harus diketahui oleh kolonial, diantaranya adalah sebagai berikut;

  1. Negara Metropolitan ialah sebutan untuk negara yang memiliki koloni
  2. Kolonis istilah ini dipergunakan untuk orang yang tinggal di koloni (Negara Penjajah)
  3. Kekaisaran, adalah suatu negara yang memiliki banyak wilayah koloni (jajahan)

Demikinalah definisi atau Pengertian Koloni dan Bahasannya Lengkap. Semoga dengan adanya definisi ini dapat menambah wawasan dan pengetahuan pembaca mengenai “Apa Itu Koloni?”. Trimakasih, jangan lupa baca juga tulisan lainnya;

 

3+ PENGERTIAN Koloni dan Bahasannya Lengkap
Rate this post