3 Pengertian Otomasi Menurut Para Ahli dan Macam-Macamnya Lengkap

Posted on

pengertian otomasi menurut para ahli

Pengertian Otomasi dan Macam-Macamnya


IndonesiaStudent.ComOtomasi dapat diartikan sebagai suatu teknologi yang dilakukan atau disasarkan sebagai aplikasi yang tersusun secara mekanisasi, sehingga dalam penerapannya otomasi bisa berdampak postif terhadap kegiatan yang dilakukan.

Baca Juga: Pengertian Perpustakaan Sekolah, Manfaat, Fungsi, dan Program Kerja

Pengertian Otomasi Menurut Para Ahli


Santoso (2013)

Otomasi adalah proses untuk mengontrol operasi dari suatu alat secara otomatis yang dapat mengganti peran manusia untuk mengamati dan mengambil keputusan. Sistem kontrol yang ada saat ini mulai bergeser pada otomatisasi sistem kontrol, sehingga campur tangan manusia dalam pengontrolan sangat kecil. Sistem peralatan yang dikendalikan secara otomatis sangat memudahkan apabila dibandingkan dengan sistem manual, karena lebih efisien, aman, dan teliti.

Fauzan Ghifari (2013)

Otomasi menurutnya adalah sebuah bidang ilmu pengetahuan yang menuntuk kepada para penggunanya untuk merubah mesin yang manual menjadi otomatis, sehingga di dalam pengerjaannnya otomasi dapat mempermudah proses kehidupan yang ada.

Wikipedia

Dalam situs ini dijelaskan bahwasanya otomasi adalah pemanfaatan mesin melalui sistem kontrol yang terkendali, yang biasanya digunakan dalam kegiatan insutri ataupun dalam teknologi informasi yang berekembang.

Dari 3 Pengertian Otomasi Menurut Para Ahli diatas, dapat dikatakan atau disimpulkan bahwa tujuan adanya otomasi dalam kegiatan manusia adalah untuk mempermudah mendapatkan hasil yang lebih praktis, sehingga menghemat segala bentuk kesia-siannya yang ada.

Macam-Macam Otomasi Dalam Indutri


Macam-macam atau jenis-jenis dalam Otomasi secar garis besar dibedakan menjadi 3, yaitu;

  1. Detroit Otomasi (Ixed Otomasi)
  2. Programabel Otomasi
  3. Fleksibel Otomasi

Demikinalah pembahasan mengenai Pengertian Otomasi Menurut Para Ahli dan Macam-Macamnya. Semoga dengan adanya bahasan ini dapat memberikan wawasan dan juga pengetahuan yang dalam bagi seteiappembaca yang membutuhkan literasi seputar “Otomasi”. Trimakasih, jangan lupa baca juga artikel lainnya;

  1. Pengertian Atmosfer, Struktur, dan Cirinya
  2. 4 Pengertian Jagad Raya Menurut Para Ahli
  3. Pengertian Hidrosfer dan Siklusnya Menurut Para Ahli Geografi
  4. 5 Pengertian Minyak Bumi Menurut Para Ahli
3 Pengertian Otomasi Menurut Para Ahli dan Macam-Macamnya Lengkap
5 (100%) 1 vote