4 CONTOH Soal Hukum Dasar Kimia dan Jawabannya Lengkap

Posted on

Contoh Soal Hukum Dasar Kimia dan Jawabannya

IndonesiaStudent.ComHukum dasar Kimia menjadi salah satu bahasan terpenting dalam mata pelajaran kimia, hukum dasar ini biasanya dipelajari pada Bab-bab pertama pada kelas SMA, oleh karena itulah pada kesempatan kali ini kami akan membagikan tentang contoh soal hukum dasar kimia dan bahasannnya.

Baca Juga:

  1. Pengertian Bioetanol dan Sifat Fisika Serta Kimianya [Lengkap]
  2. Pengertian Fermentasi dan Contohnya Lengkap
  3. Pengertian Fun Learning dan Contohnya Lengkap

Hukum Dasar Kimia


Setidaknya ada 4 Hukum dasar dalam Ilmu Kimia, diantarnya adalah sebagai berikut;

  1. Hukum Kekekalan Massa atau seringkali disebut sebagai Hukum Lavoisier, yakni di dalam suatu reaksi kimia, massa zat-zat sebelum reaksi sama dengan massa zat sesudah reaksi.
  2. Hukum Perbandingan Tetap atau Hukum Proust, yakni Perbandingan massa unsur-unsur penyusun suatu senyawa adalah tidak tergantung pada asal-usul senyawa tersebut.
  3. Hukum Perbandingan Berganda atau disebut juga dengan Hukum Dalton, yakni Bila dua unsur membentuk senyawa, massa-massa dari satu unsur yang bergabung dengan massa dari unsur lainnya me rupakan perbandingan bilangan bulat terhadap satu dengan lainnya
  4. Hukum Perbandingan Volume dikenal juga dengan Hukum Gay Lussac, yakni pada suhu dan tekanan yang sama, volume gas-gas yang bereaksi dan volume gas-gas hasil reaksi berbanding sebagai bilangan bulat dan sederhana.

Contoh Soal Hukum Dasar Kimia


Berikut ini ada beberapa contoh soal dalam hukum Dasar Kimia beserta jawabannya;

  1. Jika kita mereaksikan 4 g hidrogen dengan 40 g oksigen, berapa g air yang terbentuk?Jawabannya;

Perbandingan massa hidrogen dengan oksigen = 1 : 8. Perbandingan massa hidrogen dengan oksigen yang dicampurkan = 4 : 40.

Oleh karena perbandingan hidrogen dan oksigen = 1 : 8 maka 4 gr hidrogen memerlukan

= 4 x 8 g oksigen yaitu 32 g.

Contoh Soal Hukum Dasar Kimia yang Lainnya


  1. Berapa kadar C dalam 50 g CaCO  ?  (A : C = 12; O= 16; Ca=40)

Jawabannya:

Demikianlah tulisan mengenai Hukum Dasar Kimia, yang di dalamnya ada contoh soal hukum dasar kimia dan juga jawabannya. Semoga dapat bermanfaat bagi pembaca yang saat ini sedang mempelajarai Hukum-Hukum Dasar dalam Ilmu Kimia. Trimakasih, jangan lupa baca juga tulisan mengenai Cara Menghitung Skala Peta (Rumus+Contoh) Lengkap.

4 CONTOH Soal Hukum Dasar Kimia dan Jawabannya Lengkap
5 (100%) 1 vote