4 Pengertian Masyarakat Pesisir Menurut Ahli Lengkap

Posted on

pengertian masyarakat pesisir

Pengertian Masyarakat Pesisir Menurut Ahli

IndonesiaStudent.Com– Sebagai negara kepulauan dengan jumlah pulau mencapai 17.504 buah dan panjang pantai yang mencapai 81.000 km, tentusaja hal ini secara langsung menjelasakan tentang banyaknya masyarakat pesisir di Indonesia.

Baca Juga: 17 Pengertian Masyarakat Multikultural dan Cirinya Menurut Ahli Lengkap

Pengertian Masyarakat Pesisir


Masyarakat pesisir adalah masyarakat yang hidup dan menetap di kawasan pesisir dan laut. Salah satu karakteristik masyarakat pesisir adalah ketergantungan yang kuat terhadap lingkungan pesisir. Baik dan buruknya lingkungan akan berdampak langsung terhadap kehidupan mereka.

Pengertian masyarakat pesisir Menurut Para Ahli


Siti Aminah

Menurutnya, masyarakat pesisir adalah masyarakat yang hidup di tepi pantai dekat dengan laut, seperti masyarakat di tepi Pulau Jawa, Sumatra, dan lain sebagainya.

Soetandyo Wignyosoebroto (2005).

Dalam bukunya, menjelasakan bahwa masyarakat pesisir atau dikenal dengan bahasa asing Costal Community, ialah suatu masyarakat yang memiliki ciri utama yang tidak memproduksi barang dan jasa secara ekonomi.

Soegiarto dalam Dahuri (1996)

Dalam ulasannnya, masyarakat pesisir adalah masyarakat yang tinggal di wilayah pesisir dengan mengantungkan hidupnya dalam ekosistem laut.

Dari penjelasan tersebut, dapatlah diketakan bahwa profesi kebanyakan masyarakat pesisir umumnya ialah nelayan dan petambak. Bahkan masyarakat ini bisa berpotensi menghasiljan tanaman yang menguntungkan, yaitu budidaya rumput laut dan potensi alam seperti angin dan cahaya matahari dapat dimanfaatkan sebagai sumber energi alternatif pengganti bahan bakar minyak.

Hal ini diungkapkan karena Indonesia memiliki peluang dan potensi budidaya komoditi laut yang sangat besar untuk dikembangkan. Luas potensi budidaya laut diperkirakan mencapai 26 juta ha, dan kurang lebih 2 juta Ha diantaranya sangat potensial untuk pengembangan rumput laut dengan potensi produksi rumput laut kering rata-rata 16 ton per Ha yang bisa dihasilkan oleh masyarakat pesisir.

Demikianalah pembahasan dan juga Pengertian Masyarakat Pesisir Menurut Ahli Lengkap. Semoga dengan adanya bahasan ini dapat memberikan wawasan bagi segenap pembaca yang sedang mencari refrensi mengenai “Masyarakat Pesisir”. Trimakasih, jangan lupa baca juga tulisan lainnya;

4 Pengertian Masyarakat Pesisir Menurut Ahli Lengkap
Rate this post