6 Pengertian Air Menurut Para Ahli Lengkap

Posted on

Pengertian Air Menurut Para Ahli

6 Pengertian Air Menurut Para Ahli Lengkap


IndonesiaStudent.ComAir terdiri dari berbagai macam atau jenis, misalnya adalah air hujan, air laut, air sungai dan lain sebaginya. Air sendiri merupakan unsur yang terpenting bagi seluruh kehidupan di permukaan bumi. Semua makhluk hidup termasuk manusia sangat memerlukan air untuk dikonsumsi dan menunjang berbagai macam aktivitas.

Baca Juga: Pengertian Air Asam Tambang dan Pengelolaannya [Lengkap]

Sebagai penjelasan lebih lanjut, dalam tulisan ini IndonesiaStudent.Com akan mengemukakan pengertian air menurut para ahli.

Pengertian Air Menurut Para Ahli


Sitorus (2011).

Menurutnya, eksistensi air itu di permukaan bumi sebenarnya sangat melimpah. Namun, tidak semua air di permukaan bumi tersebut dapat dikonsumsi dan dimanfaatkan. Dari total 71% keberadaan air di permukaan bumi, 98% didominasi oleh air laut/air asin yang notabene tidak dapat dikonsumsi secara langsung. Barulah sisanya, yakni sebanyak 2% terdistribusi sebagai air tawar yang masih dapat digunaka.

Hal ini terlihat dari, penyebaran 2% air tawar di seluruh dunia tersebut tidak merata. Contohnya saja di Indonesia, meski hampir semua daerah di Indonesia memiliki cadangan air yang banyak mengingat curah hujan rata-rata di Indonesia cukup tinggi. Akan tetapi, masih ada beberapa daerah yang sangat sulit untuk mendapatkan air. Salah satu daerah yang masih mengalami kesulitan dalam mengakses air bersih adalah Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT).

Sayyid Quth

Pengertian air adalah suatu jenis unsur yang sangat diperlukan bagi mahluk hidup yang ada di bumi.

Hafni Effendi

Definisi air menurutnya adalah metarial yang menjadi pembentukan bumi.

Sitanala Arsyad

Dalam definisinya, air adalah kandungan senyawa yang mendung oksigen dan hydrogen.

Kementrian Perencanaan Pembangunan Nasional/Badan Perencanaan Pembangunan Nasioal (2014).

Dalam pandangan ini, memberi arti bahwa permasalahan air ini sudah menjadi momok yang harus dipecahkan pemerintah. Mengingat, target pemerintahan untuk memenuhi kebutuhan air sebagai target rencana pembangunan jangka menengah nasional (RPJMN) 2015-2019 adalah sebanyak 100% pada tahun 2019.

Rostam Syarif

Dalam bukunya, air didefinisikan sebagai zat yang esensial bagi mahluk hidup.

Demikianlah beberapa defisini atau pengertian air menurut para ahli, semoga dengan adanya definisi ini dapat memberikan wawasan dan juga pengetahuan bagi segenap pembaca yang sedang mencari refrensi tentang “Pengertian Air”. Trimakasih, jangan lupa baca juga tulisan lainnya;

  1. Pengertian Tujuan Penelitian dan Karakteristiknya Terlengkap
  2. Pengertian Tinjauan Pustaka Beserta Manfaat Tinjauan Pustaka Menurut Ahli
  3. Pengertian Metodologi Penelitian Beserta Penjelasannya Terlengkap
  4. Cara Membuat Saran dalam Makalah Bererta Contohnya
6 Pengertian Air Menurut Para Ahli Lengkap
Rate this post