6+ PENGERTIAN Sumber Daya Manusia Menurut Para Ahli Lengkap

Posted on

Pengertian Sumber Daya Manusia Menurut Para Ahli

Pengertian Sumber Daya Manusia Menurut Para Ahli

IndonesiaStudent.Com– Permasalahan terbesar negara kita adalah kualitas dari sumber daya manusianya. Indonesia selama ini tertinggal dari banyak bangsa lain karena masalah sumberdaya manusia yang buruk. Bahkan, beberapa tahun yang lalu Presiden Republik Indonesia Jokowi dalam pidatonya di depan ribuan tokoh, pengurus, dan anggota Muhammadiyah saat membuka secara resmi Konvensi Nasional Indonesia Berkemajuan di Sportorium Universitas Muhammdiyah Yogyakarta (UMY) mengatakan kekecewaanya terhadap sumber daya manusia yang ada di Indonesia.

Baca Juga;

  1. Pengertian Pusat Sumber Belajar dan Fungsinya Menurut Ahli
  2. Pengertian Ekonomi Pertanian Menurut Para Ahli dan Sumberdaya
  3. Penyerapan Obat Pada Kulit Manusia Beserta Penjelasannnya

Beliau memaparkan penyebab Indonesia tertinggal dari bangsa lain adalah karena enam masalah: orang Indonesia tidak konsisten dalam bekerja keras, tidak berfikir positif, mudah membesar-besarkan masalah, berfikir negatif, tidak bekerja produktif dan gemar mencemooh yang lain. Beliau juga menambahkan, “Untuk memajukan bangsa, kita harus memperkuat modal sosial dalam memenangkan kompetisi”. Lalu Apa Sih Definisi atau Pengertian Sumber Daya Manusia?.

Pengertian Sumber Daya Manusia


Sumber Daya Manusia (SDM) adalah salah satu aspek terpenting  yang benar-benar dinantikan negeri ini, guna mampu bersaing dengan pemikiran dan daya saing terhadap orang luar negeri dengan adanya kualitas yang lebih baik diharpkan sumberdaya manusia yang produktif dalam menghasilkan produk dan kreatifitas untuk meningkatkan kualitas merupakan kunci keberhasilan tercapainya kemandirian dan kemajuan perekonomian.

Pengertian Sumber Daya Manusia Menurut Para Ahli


Adapun menurut para ahli, pengertian SDM (Sumber Daya Manusia) adalah sebagai berikut;

Hasibuan (2003)

Sumber Daya Manusia (SDM) adalah suatu kemampuan bentuk daya pikir dan daya fisik yang dimiliki masyarakat secara individu, sehingga dapat meningkatkan kualitas yang ada pada dirinya.

M.T.E. Hariandja (2002)

Pengertian SDM (Sumber Daya Manusia) adalah kemampuan untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi organisasi, dalam hal pemikiran dan tindakan yang dilakukannnya.

Mathis dan Jackson (2006)

SDM (Sumber Daya Manusia) ialah sistem-sistem yang terorganisir di dalam oragniasisi dengan tujuan untuk meningkatkan kemampuan yang efektif.

Sonny Sumarsono (2003)

SDM (Sumber Dayahttp://www.indonesiastudent.com/jenis-sel-surya-dan-perhitungan-dayanya-lengkap/ Manusia) adalah kemampuan atau kegiatan yang mampu meningkatkan produksi dan menghasilkan output yang memiliki nilai guna pada masyarakat.

Dessler (2006)

Ahli Manajemen ini mengemukakan bahwa pengertian manajemen sumber daya manusia adalah suatu perhatian dan keadilan di dalam organisasi atau perusahaan.

Demikianlah definisi atau Pengertian Sumber Daya Manusia Menurut Para Ahli, semoga dengan adanya definisi dari SDM ini dapat bermanfaat bagi para pembaca sekalian yang sedag membutuhkan literasi mengenai SDM (Sumber Daya Manusia). Baca Juga: 11 Pengertian Suku Bangsa Menurut Para Ahli

6+ PENGERTIAN Sumber Daya Manusia Menurut Para Ahli Lengkap
5 (100%) 1 vote