“Alih Fungsi Lahan” Pengertian, Bahaya, dan Cara Mengatasinya

Posted on

pengertian alih fungsi lahan

“Alih Fungsi Lahan” Pengertian, Bahaya, dan Cara Mengatasinya

IndonesiaStudent.Com– Bisa dikatakan bahwa jumlah atau laju pertumbuhan penduduk Indonesia saat ini mencapai 1.49% per tahun, tingginya tingkat pertumbuhan penduduk di Indonesia tidak diimbangi dengan tingginya kualitas sumber daya manusianya ( SDM ). Hal ini menyebabkan banyak terjadi masalah dalam berbagai bidang kehidupan, seperti bidang sosial, ekonomi dan lingkungan.

Baca juga; 6 Pengertian Bonus Demografi Menurut Para Ahli Lengkap

Pertambahan jumlah penduduk setiap tahunnya menyebabkan terjadinya peningkatan penggunaan lahan atau alih fungsi lahan hutan menjadi lahan pertanian dan pemukiman penduduk. Apalagi lagi banyak penduduk yang melakukan sistem ladang berpindah dari satu tempat ke tempat lain, hal inilah yang menjadi salah satu pemicu berkurangnya luas areal hutan di Indonesia.

Alih Fungsi Lahan


Pengeratian alih fungsi lahan di dalam Undang-undang No. 41 tahun 1999 pasal 19 dikenal sebagai suatau perubahan peruntukan dan fungsi kawasan-kawasan hutan. Dalam definisi ini alih fungsi hutan dapat dikatakan sebagai perubahan mengenai kawasan hutan yang terfokus dalam mendukung kepentingan di kepentingan yang ada luar kehutanan, baik untuk kepentingan rumah pendudukan atau yang lainnya.

Proses mengenai alih fungsi kawasan hutan biasanya dilakukan melalui suatu proses perubahan fungsi namun demikian diharapkan tidak dapat mengurangi panjang atau luas kawasan hutan.

Akan tetapi karena kurangnya pengetahuan penduduk akan bahaya dari perluasan alih fungsi lahan dapat dilihat dari berkurangnya luas hutan setiap tahun yang mencapai 1.13 juta hektar per tahun, hal ini dikarenakan sosialisasi kepada penduduk tentang sistem pertanian berwawasan lingkungan yang memiliki nilai ekonomi serta efisien dalam penggunaan lahan masih belum optimal.

Bahaya Alih Fungsi Hutan

Pada dasarnya ada beberapa bahaya yang dapat dicerna dari proses alih fungsi hutan, diantaranya sebagai berikut;

Mengurangi Fungsi Lahan

Alih fungsi hutan yang dilakukan secara besar-besaran tanpa adanya sekejul yang terencana dapat mengurangi fungsi hutan, hal ini terjadi jikalau masyarakat menggap hutan sebagai milik bersama tanpa adanya kekuasaan pemerintah, padahal dalam prosesnya jikalau tidak ada campur tangan pemerintah fenomena yang terjadi dilapangan akan banyak masyarakat yang lepas tangan ketika pemerintah mengalami masalah.

Mengurangi Jumlah Hutan

Tentusaha ada bahaya yang bisa terjadi pada kehidupan bersama jikalau alih fungsi hutan ini dianggap sebagai jalan mengurangi jumlah hutan, baik secara luas ataupun secara tumbuhannnya.

Oleh karena itulah anyak kegagalan sosialisasi kepada masyarakat tentang alih fungsi hutan sangat berdampak pada kondisi kehidupan masyarakat Indonesia, hal ini mengakibatkan hutan indonesia sedang diambang kehancuran.

Maka dibutuhkan strategi komunikasi yang mampu untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat mengenai sistem pertanian yang baik, dan efisen terhadap penggunaan lahan. Pemerintah perlu revitalisasi program untuk mempermudah akses ke kalangan masyarakat dan peningkatan pemberdayaan daerah termasuk desa dan tempat terpencil melalui sosialisasi dan kerjasama para pihak.

Demikianlah pembahasan mengenai “Alih Fungsi Lahan” Pengertian, Bahaya, dan Cara Mengatasinya. Semoga dengan adanya pembahasan ini dapat emberikan refrensi bagi seganap pembaca yang sedang mencari literasi tentang alih fungsi hutan. Trimakasih, jangan lupa baca juga artikel lainnya;

  1. Pengertian Pencemaran Air Menurut Para Ahli dan Komponennya [Lengkap]
  2. [Terlengkap] Pegertian Pendidikan Menurut Para Ahli
  3. “Pendidikan” Pengertian dan Kondisinya di Indonesia
  4. [Lengkap] Pengertian Strategi Menurut Para Ahli
  5. Pengertian Pencemaran Udara Menurut Para Ahli dan Komponennya [Lengkap]

 

“Alih Fungsi Lahan” Pengertian, Bahaya, dan Cara Mengatasinya
Rate this post