“Anggur” Pengertian, Manfaat, dan Klarifikasinya [Lengkap]

Posted on

Pengertian Anggur

Pengertian, Manfaat, dan Klarifikasi Buah Anggur


IndonesiaStudent.Com- Tanaman Anggur mempunyai nilai gizi yang baik seperti vitamin, mineral, karbohidrat dan senyawa fitokimia. Polifenol merupakan komponen fitokimia yang terkandung dalam anggur karena mempunyai aktivitas biologi dan bermanfaat bagi kesehatan.

Baca Juga: Tanaman Bambu dan Manfaatnya [Lengkap]

Pengertian Tanaman Anggur


Anggur adalah suatu jenis tanaman buah yang biasanya dimanfaatkan atau digunakan untuk membuat, jelly, minuman jus anggur, atau bahkan seringkali dimakan langsung. Buah ini banyak dihasilkan dari tempat-taempat atau wilayah yang dingin seperti di wilayah Bandung, Malang, dan lainnya untuk di Indonesia.

Manfaat Tanaman Anggur


Komponen polifenol diantaranya antosianin, flavonoid, tannin, resveratrol dan asam fenolat. Polifenol dari buah anggur mempunyai efek yang menguntungkan yaitu dapat menghambat penyakit seperti penyakit jantung, kanker, mengurangi oksidasi plasma dan memperlambat penuaan. Flavonoid merupakan golongan terbesar dari senyawa fenol.

Flavonoid bersifat antibakteri. Flavonoid terdapat pada semua bagian tumbuhan yaitu pada akar, daun, kayu, kulit, tepung sari, nektar, buah dan yang paling banyak terdapat pada biji. Selain Flavonoid didalam biji anggur juga terdapat senyawa resveratrol.

Resveratrol banyak terdapat pada bagian kulit dan biji anggur. Resveratrol yang terdapat pada buah anggur dapat meningkatkan aliran darah pada otak sehingga dapat meruduksi penyakit stroke, mencegah penyakit kanker, menghambat senyawa benzopyrene yaitu senyawa yang dapat menyebabkan kanker serta menghambat pertumbuhan sel tumor.

Klasifikasi Tanaman Anggur


Klasifikasi tanaman anggur (Vitis vinivera), menurut Soegito (1993) adalah sebagai berikut :

  • Kingdom: Plantae
  • Divisio : Spermatophyta
  • Sub Divisio : Angiospermae
  • Class : Dicotyledoneae
  • Ordo : Ramnales
  • Genus : Vitis
  • Spesies : Vitis vinivera L.

Oleh karena itu tanaman anggur mempunyai nilai gizi yang baik seperti vitamin, mineral, karbohidrat dan senyawa fitokimia. Polifenol merupakan komponen fitokimia yang terkandung dalam anggur karena mempunyai aktivitas biologi dan bermanfaat bagi kesehatan. Komponen polifenol diantaranya antosianin, flavonoid, tannin, resveratrol dan asam fenolat (Xia et al.,2011).

Demikinalah penjelasan mengenai “Anggur”  Pengertian, Manfaat, dan Klarifikasinya [Lengkap]. Semoga dengan adanya penjelasan ini dapat memberikan manfaat dan wawasan kepada setiap pembaca yang sedang mencari refrensi tentang “Buah Anggur atau Tanaman Anggur”. Trimakasih, baca juga tulisan liannya;

  1. Pengertian Mastitis dan Penjelasannya Menurut Para Ahli
  2. 6 Pengertian Susu Menurut Para Ahli Lengkap
  3. Pengertian Pestisida Nabati dan Penjelasannya Menurut Ahli Lengkap
“Anggur” Pengertian, Manfaat, dan Klarifikasinya [Lengkap]
5 (100%) 1 vote