“Bonus Demografi”, dan [5] Syarat yang Harus Dipenuhi

Posted on

“Bonus Demografi”, dan [5] Syarat yang Harus Dipenuhi

“Bonus Demografi”, dan [5] Syarat yang Harus Dipenuhi

Bonus Demografi menjadi salah satu topic pembicaraan yang samapi saat ini perlu untuk dalami oleh semua pihak, mengingat bonus demografi adalah sebuah keuntungan tetapi bisa menjadi sebuah kerugian. Baca Juga: Pengertian Bonus Demografi, Indikator, dan Manfaat Beserta Ancamannya Lengkap

Adapun untuk keuntungan yang di dapatkan dari bonus demografi setidaknya, 5 syarat yang apabila terpenuhi dahulu dipenuhi, kelima syarat tersebut adalah sebagai berikut;

5 Syarat Sukses Bonus Demografi


Kualitas penduduk

Meningkatkan kwalitas penduduk masyarakat Indonesia merupakan agenda yang bisa dibilang susuah-susah gampang, hal ini dikerenakan perlunya asupan utama prihal pendidikan. Sebab berdasarkan BPS 2013, angka partisispasi sekolah (APS) atau rasio penduduk yang berseolah menurut menurut kelompok usia sekolah untuk usia 7-12 tahun mencapai 98,29% APS penduduk usia 13-15 tahun mencapai 90,48%, namun yang menjadi kendala penduduk usia 16-18 tahun baru mencapai 63, 27%.

Dari tersebut mengingatkan bahwa ancaman peningkatan kualitas bangsa Indonesia dalam pendidikan masih terjadi kejompalangan, terlebih pada pendidikan taraf 16-18 tahun.

Tersedianya Lapangan Kerja yang Berkwalitas

Dengan jumlah penduduk usia kerja 15-64 tahun pada saat bonus demografi meningkat maka kebutuhanya didalamnya juga harus ditingkatkan, terlebih prihal pemenuhan lapangan kerja sehingga kedepanya tidak membuat usia produktif menjadi bebean penduduk yang lain, mandiri secara ekonomi, meningkatkan daya beli serta memiliki kemauan untuk menabaung.

Meningkatnya Tabungan Keluarga

Meningkatkan tabungan keluarga sebenarnya berhubungan dengan suksesi keluarga berencana dengan rata-rata keluarga memiliki dua anak, sehingga membuat biayaya hidup tidaklah sebanyak keluraga yang telah lalu.

Dampak langsungnya adalah kesempatan seiap keluarga untuk menyediakan pendidikan serta kesehatan bagi anak-anak juga menjadi lebih baik dan yang lebih penting keluarga juga memiliki kemampuan lebih besar tentang kemampuan kelauarga untuk menabung.

Sehingga arti peningkatan keluarga ini baik bagi perencanaan keuangan keluarga atauapun keuangan secara akumulatif (Totl secara nasional) bisa menjadi penggerak pembangunan diberbagai sektor.

Terus Menggiatkan Program KB

Keberhasilan program KB pada dekade 1980-an yang didukung oleh partisispasi masyarakat yang baik terhadap program ini telah terbukti merupah struktur usia penduduk Indonesia yang sebelumnya lebih banyak usia non-produktif menjadi lebih banyak usia produktif.

Maka dengan mengiatkn terus menerus program KB angka kelahiranpun diharapkan turun menjadi lebih kecil, keluarga semakin sejahtera karena memilki beban kosumsi yang sedikit, beban yang kecil membuat tabuangan keluarga semakin besar. Jika tabungan besar akan mendorong tabungan nasional yang berdampak pada investasi nasional yang meningkat.

Meningkatkan Perempuan Yang Masuk dalam Pasar Kerja.

Persyaratan yang bisa mengoptimalkan bonus demografi yang terahir adalah memberikan peluang kepada para perempuan untuk dapat memasuki pasar kerja hal ini terjadi karena angka kelahiran diturunkan  dan para ibu atau perempuan mempunyai waktu yang lebih banyak untuk memilki waktu yang lebih bernilai ekonomi.

Demikianlah “Bonus Demografi”, dan [5] Syarat yang Harus Dipenuhi. Semoga dengan adanya ulasan mengenai syarat atau fakta yang harus dipenuhi tersebut dapat bermanfaat kepada semua pihak yang sedang mencari refrensi tentang “Topik Bonus Demogarfi”. Trimakasih, baca juga artikel lainnya;

  1. 6 Pengertian Keluarga dan Fungsi-fungsi Keluarga Menurut Ahli
  2. 8 Fungsi Keluarga Menurut BKKBN Beserta Penjelasannya Lengkap
  3. “Bonus Demografi Indonesia” Tenaga Kerja, Syarat, dan Kesiapannya [Lengkap)
  4. [Lengkap] Pengertian MEA (Masyarakat Ekonomi ASEAN) Menurut Para Ahli
“Bonus Demografi”, dan [5] Syarat yang Harus Dipenuhi
Rate this post