Cara Menentukan Topik Penelitian dan Merumuskan Pertanyaanya {Terlengkap}

Posted on

Cara Menentukan Topik Penelitian dan Merumuskan Pertanyaanya

Cara Mentukan Topik Penelitian

IndonesiaStudent.Com– Salah satu tahapan yang harus dilakukan oleh seseorang dalam melakukan sebuah penelitian adalah menentuka topik penelitian atau judul penelitian. Setelah itu barulah merumuskan pertanyaan yang ingin dilakukan pada penelitian.

Kedua hal tersebut harus dilakukan oleh peneliti pertamakalinya, baik untuk skripsi, tesis, desertasi, atau dalam rangka mengikuti perlombaa. Oleh karenanya seringkali ditanyakan bagimana langkah atau cara menentukan topik penelitian dan merumusakan pertanyaannya.

Baca: 4 Pengertian Penelitian Pengembangan Menurut Para Ahli

Pada ulasan inilah, IndonesiaStudent.Com akan membagikan cara menentukan topik penelitian dan merumuskan pertanyaan dari topik penelitian.

Cara Menentukan Topik Penelitian atau Judul Penelitian


  • Topik penelitian harus sesuai dengan minat, biasanya hal ini didapatkan darimana seorang peneliti berasal, baik dalam pendidikannya, lingkungan, atau yang lainnya.

  • Topik harus bisa diteliti, maksudnya adalah, seorang peneliti mampu melakukannya, data tersedia, memiliki kegunaan praktis, dan terakhir ialah menghindari duplikasi penelitian yang teah dilakukan peneliti terdahulu.

Cara Merumuskan Pertanyaan Masalah Penelitian


  • Pertanyaan masalah dalam penelitian dapat dibuat dalam bentuk kalimat tanya dan menggambarkan variabel yang akan diteliti

  • Pertanyaan penelitian dibuat dalam bentuk tertulis, sehingga perlu diperhatikan gunakan bahasa yang mudah dipahami, memilihan kata yang mengandung arti sama, dan  pergunakan kalimat pendek.

Demikainlah penjelasan mengenai cara menentukan topik penelitian dan merumuskan pertanyaanya. Semoga dapat bermanfaat bagi setiap pembaca yang sedang atau akan melakukan sebuah penelitian. Trimakasih, jangan lupa baca juga artikel lainnya;

Cara Menentukan Topik Penelitian dan Merumuskan Pertanyaanya {Terlengkap}
Rate this post