“Demografi” Sejarah, Pengertian, dan Tujuan [Lengkap]

Posted on

“Demografi” Sejarah, Pengertian, dan Tujuan [Lengkap]

Demografi, Sejarah, Pengertian, dan Tujuan

IndonesiaStudent.ComDemografi menjadi pembahasan yang cukup banyak di ulas dalam perkembangan ilmu-ilmu sosial, termasuk Ilmu Sosiologi, Geografi, Kependudukan, Ekonomi, dan lain sebagainya. Oleh sebab itulah penting bagi IndonesiaStudent.Com melakukan pembahasan tentang “Demografi” Sejarah, Pengertian, dan Tujuan [Lengkap]. Berikut pembahasan tersebut;

Baca: Pengertian Bonus Demografi, Indikator, dan Manfaat Beserta Ancamannya Lengkap

Sejarah Ilmu Demografi


Demografi dalam ruang lingkupnya dipandang sebagai salah satu disiplin ilmu telah berkembang sejak abad ke-3 yang lalu. Bermula ilmu demografi ini dari sejarah John Graunt, pedagang pakaian yang hidup pada abad ke 17 di London, yang sampai sekarang dianggap sebagai bapak demografi. Pada awal permulaannya John Graunt (Bapak Demografi) melakukan sebuah telaah mengenai kelahiran dan kematian dalam proses pertumbuhan penduduk.

Pengertian Demografi


Demografi yang berasal dari bahasa latin, domos dan nomos yang berarti rakyat atau penduduk dan nomos/grafien berarti menulis. Menurut Mohamad Yasin (1981) pengertian demografi adalah tulisan-tulisan atau karangan-karangan mengenai rakyat atau penduduk.

Sedangkan kamus United Nations Multiligual Demographic (Kominfo; 2014), mengatakan bahwa definisi demografi merupakan studi ilmiah tentang kependudukan, terutama yang terkait dengan jumlah penduduk, struktur serta perkembangan masyarakat di dalamnya.

Sehingga secara umum dari pengertian demografi menurut para ahli tersebut bisa disimpulkan bahwa pengertian demografi merupakan dokumen kependudukan yang berisi menganai dinamika populasi manusia yang mencangkup ukuran, struktur, dan persebaran, serta bagaimana populasi berubah sepanjang waktu yang disebabkan oleh kelahiran, kematian, dan migrasi.

Tujuan Mempelajari Demografi


Setidaknya dalam kajian Ilmu Demografi, memiliki 4 tujuan yang tidak terpisahkan. Diantaranya tujuan tersebut adalah sebagai berikut;

  1. Demografi bertujuan untuk mempelajari kuantitas serta distribusi penduduk
  2. Demografi dianggap mampu untuk menjelaskan pertumbuhan, peenurunan, dan persebarannya dalam masyarakat.
  3. Demografi akan menjelaskan tentang hubungan sebab akibat antara perkembangan penduduk dan bermacam-macam aspek organisasi sosial.
  4. Demografi akan berfungsi sebagai suatu bentuk peramalan terhdap kehidupan masyarakat di masa mendatang dan antisipasi yang dapat dilakukan.

Oleh karena itulah berdasarkan pada penjelasan “Demografi” Sejarah, Pengertian, dan Tujuan [Lengkap] diatas segala perencanaan-perencanaan pembagunan dan pendidikan serta yang lainnya sangat membutuhkan Ilmu Demografi. Trimakasih, jangan lupa baca juga artikel lainnya juga;

  1. “Bonus Demografi”, dan [5] Syarat yang Harus Dipenuhi
  2. 8 Pengertian Lingkungan Kerja Menurut Para Ahli, dan Jenisnya [Lengkap]
  3. “Sanggar Alang-Alang Surabaya” Profil, Gambaran Umum, dan Kegiatan [Lengkap]
  4. Pengertian Kesenjangan Sosial Beserta Contohnya [Lengkap]
“Demografi” Sejarah, Pengertian, dan Tujuan [Lengkap]
Rate this post