(Ulasan Lengkap) Gerakan Pramuka Indonesia

Posted on

IndonesiaStudent.Com Indonesia berhasil mencapai dan meraih kemerdekaan di tahun 1945. Untuk mencapai kemerdekaan, para pejuang telah merasakan perjuangan yang berat sehingga mengorbankan seluruh jiwa dan raga. Pejuang-pejuang tersebut mampu menyatukan dirinya dalam ikatan persatuan melalui beberapa gerakan kepanduan yang saat ini disatukan dan diresmikan menjadi gerakan pramuka. Oleh karena itu, gerakan pramuka memiliki peranan penting dalam mewujudkan pembangunan negara Indonesia. Sebagai bangsa yang berjiwa besar sudah selayaknya kita mengetahui dan meneladani harapan dari hasil perjuangan para pendahulu negara kita.

Gerakan pramuka sebagai organisasi yang menyelenggarakan pendidikan kepramukaan bagi kaum muda untuk mencetak generasi-generasi berkualitas di masa akan datang tidak lepas dari dasar ideologi negara Indonesia. Sidang PPKI (Panitia Perancang Kemerdekaan Indonesia) berhasil membentuk dasar negara dengan baik dan mampu diterapkan bagi seluruh warga Indonesia. Dasar negara yang mampu memberikan semangat persatuan dan kesatuan bangsa ini menjadikan Indonesia sebagai negara yang berdaulat dan bermartabat. Oleh karena itu, asas Gerakan Pramuka adalah dasar negara kita yaitu pancasila.

Gerakan Pramukan Berasaskan Pada Pancasila

Pancasila memiliki arti lima dasar merupakan lima poin penting yang mampu membentuk pribadi bangsa Indonesia menjadi lebih baik tanpa membedakan suku, ras, agama dan golongannya. Gerakan pramuka sebagai organisasi kepemudaan yang melanjutkan pembaruan gerakan kepanduan nasional yang dibentuk sesuai Keputusan Presiden RI Nomor 238 Tahun 1961 memiliki tugas dan tanggungjawab atas kelestarian Negara Kesatuan Republik Indoneisa (NKRI). Dengan berasaskan pancasila diharapkan kader-kader dan peserta didik gerakan pramuka mampu mengamalkan dan benar-benar menjiwainya. Pancasila yang berisi lima dasar ini berisikan tentang petunjuk pelaksanaan kehidupan bangsa Indonesia dimulai dari diri sendiri dengan Tuhan YME dan sesama manusia untuk mewujudakan kehidupan bersama yang aman, damai dan tentram dimulai dari lingkungan sekitar hingga tingkat nasional ataupun internasional.

Gerakan pramuka menjadi wadah kaderisasi untuk kepemimpinan masa depan masyarakat, bangsa dan negara. Oleh karena itu, membentuk pribadi setiap kader agar mampu diandalkan dengan kualitas dan sikap yang baik perlu dibentuk karakternya sejak dini. Karakter yang baik bangsa Indonesia diajarkan di dalam pancasila seperti adanya nilai ke-Tuhanan sebagai ketaqwaan terhadap dirinya dan agamanya, nilai kemanusiaan sebagai jalinan hubungan antar sesama warga, nilai persatuan sebagai pemersatu bangsa meskipun berbeda tetapi tetap satu dalam dasar dan tujuan, nilai kerakyatan yang dilakukan secara permuysawaratan atau perwakilan merupakan sarana untuk mencapai kesepakatan pendapat dari berbagai keadaan dan nilai keadilan yang harus diberikan kepada seluruh rakyat indonesia tanpa pandang bulu, kelompok, kekayaan dan jabatan.

Gerakan pramuka sebagai organisasi pendidikan yang berasaskan pancasila sudah semestinya melaksanakan dan menerapkan segala kegiatan yang bertujuan membentuk mental dan karakter sesuai dengan pancasila. Gerakan pramuka memiliki Trisatya dan Dasadharma pramuka, yang berisikan salah satu janji dan pola hidup bagi setiap anggota pramuka. Oleh karena itu, pengamalan pancasila merupakan salah satu janji yang diucapkan ketika membacakan trisatya. Begitu pentingnya bagi setiap anggota pramuka untuk senantiasa menghafal di luar kepala, menghayati secara mendalam dan mengamalkan dengan sepenuh jiwa dan raga.

Pancasila sebagai dasar negara sekaligus asas gerakan pramuka diterapkan dalam kehidupan sehari-hari yang disusun dalam kode kehormatan dengan bentuk Dasadharma pramuka. Dasadharma pramuka merupakan sepuluh perilaku yang menjadi acuan dan pandangan dalam melaksanakan kehidupan sehari-hari. Dasadharma pramuka mengiringi nilai-nilai dasar pancasila untuk mewujudkan negara yang merdeka, bersatu, berdaulat, adil dan makmur. Mendidik generasi muda melalui perwujudan pengamalan dasadharma yang tidak lepas dari nilai-nilai pancasila tidak henti-hentinya dilakukan oleh gerakan pramuka melalui kegiatan-kegiatan yang bersifat suka rela, mandiri, tidak membedakan suku, ras , golongan dan agama.

Nilai-nilai pancasila yang sudah di amalkan melalui dasadharma pramuka, merupakan pengamalan yang mampu membentuk karakter muda bangsa indonesia. Sepuluh perilaku tersebut dimulai Taqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa merupakan harapan pancasila setiap bangsa Indonesia untuk selalu menjalankan segala perintah dan segala yang dialarang oleh agama yang dianutnya masing-masing. Cinta alam dan kasih sayang manusia merupakan perwujudan pancasila dari nilai kemanusiaan dan kepedulian terhadap sekitarnya. Patriot yang sopan dan ksatria merupakan bagian dasadharma yang membuat semangat anggota pramuka untuk selalu penjaga nilai-nilai luhur pancasila. Patuh dan suka bermusyawarah merupakan pengamalan pancasila dari nilai permusyawaratan dan sebagai wujud pengabdian bangsa ini oleh gerakan pramuka. Rela menolong dan tabah merupakan pengamalan pancasila dari nilai kepedulian terhadap sesama dan kesabaran dalam melakukan segala kegiatan yang dilakukan oleh gerakan pramuka. Rajin terampil dan gembira merupakan perilaku anggota pramuka untuk mengangkat derajat bangsa ini dengan fokus terhadap sesuatu agar mampu meraih prestasi dan kreasi yang dikemas dalam kegiatan menarik. Hemat cermat dan bersahaja merupakan perilaku anggota pramuka untuk melatih mengelola

inventarisasi dan keuangan secara sederhana. Bertangggung jawab dan dapat dipercaya sebagai perilaku anggota pramuka untuk disiapkan sebagai calon pemimpin masa depan yang mampu mewujudkan harapan besar bangsa ini. Perilaku terakhir dalam dasadharma pramuka yaitu suci dalam pikiran, perkataan dan perbuatan merupakan pengajaran kepada anggota untuk selalu mensucikan dirinnya sendiri dalam bentuk apapun agar segala sesuatu yang dilakukan tidak ada unsur-unsur noda yang mampu mencederai bangsa ini.

Dasadharma sebagai perilaku kehidupan yang mengambil dari asas gerakan pramuka sudah selayaknya bagi bangsa ini untuk mengikuti langkah-langkah yang diajarkan dalam kode kehormatan pramuka. Gerakan pramuka yang berasaskan pancasila merupakan kepeduliannya terhadap negara ini untuk dijalankan dengan harapan semua bangsa ini mampu mengamalkanya. Apabila gerakan pramuka mengambil pancasila sebagai asasnya sudah semestinya kita semua mendukung penuh dan menjadi anggota pramuka yang bersifat suka rela, mandiri, tidak membedakan suku, ras, golongan dan agama.

(Ulasan Lengkap) Gerakan Pramuka Indonesia
Rate this post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *