Pengertian Aksara dan Contohnya Lengkap

Posted on

Pengertian Aksara Menurut Para Ahli

Pengertian Aksara dan Contohnya

IndonesiaStudent.ComAksara daerah merupakan salah satu peninggalan budaya yang tak ternilai harganya. Bentuk aksara dan seni pembuatannya-pun menjadi suatu peninggalan yang patut untuk dilestarikan oleh generasi milineal pada saat ini.

Baca Juga;

  1. 11 Pengertian Kebudayaan Menurut Para Ahli Lengkap
  2. 3 Proses Perubahan Sosial Budaya dan Bentuk-Bentuk Perubahan Sosial
  3. 6 [Contoh] Kebudayaan di Indonesia Lengkap

Pengertian Aksara Menurut Para Ahli


Aksara adalah simbol visual yang dipergunakan untuk mengungkapkan ekpresif dalam bahasa, yang biasanya aksara tertera pada kertas dan bisa juga terletak pada batu, kayu, daun, kain, dan lain sebaginya.

Aksara ini menjadi bukti nyata adanya zaman terdahulu sebelum adanya bangsa Indonesia. Dengan aksara, kita dapat mempelajari sejarah nenek moyang kita melalui prasasti-prasasti peninggalan zaman kerajaan.

Menurut (Turmudi, 2013), sistem penulisan atau aksara sebagai fasilitas untuk merekam bahasa itu dalam media selain lisan sangatlah penting untuk dilakukan hal ini guna merevitalisasi aksara daerah sehingga generasi mendatang tetap dapat mengenal warisan budaya dari daerahnya.

Contoh Aksara


  • Aksara Lampung

  • Aksara Jawa
  • Aksara Bali
  • Aksara Sunda
  • Aksara Incung Jambi
  • Dan lain sebaginya.

Sebagi catatan pada tahun 2015, salah satu penulis Indonesia mengatakan bahwa aksara Incung Jambi yang hanya tersisa 3-5 orang yang dapat membaca dan memahaminya, sedangkan mereka telah berusia lanjut (Ariyadi, 2015).

Demikinalah tulisan atau penjelasan mengenai Pengertian Aksara dan Contohnya Lengkap. Semoga dengan adanya bahasan ini dapat memberikan wawasan dan pengetahuan bagi setiap pembaca. Trimakasih, jangan lupa baca juga tulisan lainnya;

 

Pengertian Aksara dan Contohnya Lengkap
5 (100%) 1 vote