5 Pengertian Era Globalisasi dan Pembahasannnya Lengkap

Posted on

5 Pengertian Era Globalisasi Menurut Para Ahli

 

Pengertian Era Globalisasi dan Pembahasannnya Lengkap


IndonesiaStudent.Com– Disadari ataupun tidak pada saat ini sejatinya kita sedang berada di dalam era global atau era globalisasi, terutama di dalam dunia pendidikan Indonesia yang kenyataannnya saat ini dan di masa mendatang selurub element bangsa kita menghadapi tantangan yang semakin berat dan kompleks.

Baca Juga: 6 Pengertian Globalisasi, Dampak, Dan Pengaruhnya Lengkap

Pengertian Era Globalisasi


Harrison dan Huntington (dalam Subandowo, 2009), dalam bukunya mengemukakan secara umum era globalisasi telah merubah paradigma yang sangat besar dalam sektor produktivitas yang menyangkut kekayaan suatu negara.

Pada masa lampau kekayaan suatu negara dipandang berkaitan erat dengan sumber-sumber kekayaan alam yang dimiliki. Akan tetapi untuk  ukuran sekarang, kekayaan suatu negara sangat ditentukan oleh kemampuan sumber daya manusia yang mampu mengubah sumber-sumber daya alam itu menjadi produk atau jasa yang berharga berdasarkan ilmu pengetahuan, investasi, gagasan, dan inovasi. Konteks baru dalam peningkatan daya saing bangsa dewasa ini adalah kebutuhan untuk mengetahui segala perubahan.

Pengertian Era Globalisasi Menurut Para Ahli

Sedangkan menurut para ahli, salah satu diantarnya adalah Hatten dan Rosenthal (2007:7), pihak yang pantas menjadi pemenang dalam persaingan global adalah mereka yang mengetahui bagaimana cara bertahan hidup dan mengetahui bagaimana mengembangkan kemampuan berorganisasi.

Pembahasan Era Globalisasi

Dari beberapa pendapat diatas dapat disimpulkan bahwa salah satu paran pendidikan merupakan unsur  penting yang harus mendapat prioritas utama. Dalam kerangka itulah, pendidikan di harapkan dapat memberi sumbangan bagi perkembangan sutuhnya setiap orang, baik jiwa, raga intelijensi, kepekaan, estetika, tanggung jawab, dan nilai-nilai spiritual. Melalui pendidikan, setiap orang  menjadi agen perubahan dan agen pengontrol hendaknya dapat diberdayakan untuk berpikir mandiri dan kritis agar dapat menciptakan inovasi baru yang dapat berdaya saing.

Kunci kemenangan suatu bangsa dalam kompetinsi di era global adalah kemampuan mengelola dan memberdayakan sumber daya manusia sehingga memiliki keunggulan; berintelektual hebat, memiliki fisik yang sehat dan kuat, memiliki skill dan kompetensi yang unggul, memiliki jiwa kewirausahaan yang tangguh, serta berahlak mulia.

Penyiapan sumber daya manusia  melalui pendidikan harus terus di kembangkan sesuai dengan tuntutan pasar kerja baik untuk skala lokal, nasional, regional, maupun internasional. Dunia kerja sangat berharap pada dunia pendidikan agar dapat membekali lulusannya tidak hanya bekal daya pikir, daya fisik, dan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, dan olah raga (IPTEKSOR) saja, tetapi juga harus memberi bekal daya hati atau karakter yang kuat (Slamet PH, 2011).

Demikianlah pembahasan mengenai Pengertian Era Globalisasi dan Pembahasannnya Lengkap. Semoga dengan adanya pembhasan dalam hal ini dapat memberikan wawasan dan juga pengetahuan bagi segenap pembaca yang sedang mencari arti “Era Globalisasi”. Trimakasih, jangan lupa baca juga tulisan lainnya;

  1. “Pendidikan” Pengertian dan Kondisinya di Indonesia
  2. [Lengkap] Pengertian Strategi Menurut Para Ahli
  3. Pengertian Pencemaran Udara Menurut Para Ahli dan Komponennya [Lengkap]
  4. [Lengkap] Pengertian Pencemaran Daratan Menurut Para Ahli

 

5 Pengertian Era Globalisasi dan Pembahasannnya Lengkap
Rate this post