Pengertian Komoditas Unggulan Daerah (KUD) dan Bahasannya Lengkap

Posted on

Pengertian Komoditas Unggulan Daerah (KUD) Menurut Para Ahli

Pengertian Komoditas Unggulan Daerah (KUD) dan Bahasannya Lengkap

IndonesiaStudent.ComKomoditas unggulan daerah sampai saat ini menjadi salah satu penetapan dari suatu kabupaten atau kota yang dapat dilihat sebagai upaya memberi kontribusi yang semakin besar dan luas terhadap pembangunan ekonomi daerah hingga menjadi penyebab laku di pasaran lokal maupun Nasional.

Baca Juga: “Sistem Pertanian Tradisional” Pengertian, Kekurangan, dan Kelebihan [Lengkap]

Pengertian Komoditas Unggulan Daerah (KUD)


Komoditas Unggulan Daerah (KUD) adalah barang maupun jasa yang dihasilkan oleh unit kegiatan masyarakat dengan memanfaatkan semua sumberdaya yang dimiliki oleh daerah yang bisa mendatangkan pendapatan bagi masyarakat maupun pemerintah sehingga produk yang potensial memiliki daya saing.

Aturan UU Terkaiat dengan Pengertian Komoditas Unggulan Daerah (KUD)


Dengan melihat keadaan itu pemerintah mengeluarkan peraturan Pemerintah Republik Indonesia  Nomor 25 Tahun 2014  Tentang  Pemberian Fasilitas Dan Insentif Usaha Hortikultura. Pembangunan subsector Hortikultura memberikan sumbangan yang cukup berarti bagi sektor pertanian maupun perekonomian nasional yang berupa  produk domestik bruto, selain itu Hortikultura juga berperan penting dalam sektor pariwisata dan budaya.

Meskipun sampai saat ini masih banyak permasalahan yang dijumpai pada seluruh subsistem dalam sistem agribisnis komoditas hulu-hilir, permasalahan tersebut dapat menurunkan produktivitas, menurunkan nilai tambah produk, dan bahkan mengancam keberlanjutan proses produksi.

Solusi Meningkatkan Komoditas Unggulan Daerah (KUD)


Berikut ini bisa diterapakan dalam meingkatkan Komoditas Unggulan Daerah (KUD) yang sampai saat ini menjadi salah satu permasalahan yang terjadi selama bertahun-tahun lamanya, sejak Indonesia merdeka.

  • Kebijakan pengembangan agroindustri perdesaan secara terpadu;
  • Kebijakan pengembangan sistem distribusi dan pemasaran.
  • Pelindungan pemerintah dalam mengutamakan produk-produk dalam negri
  • Memberikan atau mendidik generasi muda untuk mampu berfikir secara kretaif guna meningkatkan kewirausahaan.

Demikianalah tulisan mengenai Pengertian Komoditas Unggulan Daerah (KUD) dan Bahasannya Lengkap. Semoga dengan adanya bahasan mengenai “Komoditas Unggulan Daerah (KUD)” ini bisa menjadi literasi bagi seganap pembaca. Trimakasih, baca juga tulisan lainnya;

  1. Langkah Langkah Penelitian Pengembangan Lengkap
  2. 4 Pengertian Penelitian Pengembangan Menurut Para Ahli
  3. Pengertian Metode Pembelajaran Saintifik Beserta Tujuannya Lengkap
  4. 4 Pengertian Metode Pembelajaran Ceramah Dan Jenisnya Menurut Ahli
Pengertian Komoditas Unggulan Daerah (KUD) dan Bahasannya Lengkap
5 (100%) 1 vote