Pengertian Masyarakat Pasar dan Penjelasannnya

Posted on

Pengertian Masyararat Pasar Menurut Para Ahli

Pengertian Masyarakat Pasar dan Penjelasannnya

IndonesiaStudent.Com– Istilah pada masa lalu, yaitu tepatnya sekitar abad ke-16 dan ke-17 di Inggris Bernard de Mandeville dan Adam Smith menjadi perintis atau tokoh kelahiran ‘Masyarakat Pasar’. Istilah ini cukup dikenal dalam disiplin ilmu perekonomian.

Baca Juga: 4 Pengertian Masyarakat Pesisir Menurut Ahli Lengkap

Pengertian Masyarakat Pasar


Masyarakat pasar adalah masyarakat yang ditandai dengan pembagian kerja yang sistematis, dan sangat menghormati hak –hak milik pribadi. Hak-hak ini menurut John Locke, seorang pencetus liberalisme ternama sebagai suatu penekankan adanya hak-hak milik pribadi yang harus dihormati. Dan akhirnya, berangkat dari pemikiran tersebutlah istilah mengenai Masyarakat Pasar  memunculkan paham liberalisme dan kapitalisme muncul demi mewujudkan adanya masyarakat bebas.

Masyarakat Pasar dan Globalisasi


Dari pengertian atau pemahaman tersebut pada dasarnya jika dilihat dalam fenomena sekarang menunjukan bahwa adanya arus globalisasi pada suatu masyarakat yang bebas harus diniscayakan sebagai bentuk masyarakat pasar di era modern.

Hal ini terjadi karena kebebasan dan hak milik pribadi menjadi unsur dasar, masyarakat yang bebas ditandai dengan bentuk-bentuk keterlibatan sosial sebagai suatu pilihan, bukan paksaan. Selain itu juga setiap individu dalam masyarakat bebas dihargai atas nilai intrinsik mereka sendiri, artinya penghargaan atas individu terletak pada kebebasan masing-masing pribadi dalam menentukan tindakan.

Dalam menghadapi perubahan masyarakat dunia inilah sebagai bangsa Indonesia harus kembali berpijak pada kekhasan dirinya. Di satu sisi, globalisasi sungguh menawarkan berbagai pembaruan, tetapi di sisi lain globalisasi menimbulkan permasalahan-permasalahan baru yang harus dibenahi.

Demikianlah pembahasan atau penjelasan mengenai Pengertian Masyarakat Pasar, semoga dengan adanya bahasan ini dapat memberikan literasi baru dan juga pemahaman kepada setiap pembaca yang mendalami tentang masyarakat pasar. Trimakasih, baca juga tulisan lainnnya;

 

Pengertian Masyarakat Pasar dan Penjelasannnya
Rate this post