3+ Pengertian Migrasi Menurut Para Ahli [Lengkap]

Posted on

3+ Pengertian Migrasi Menurut Para Ahli [Lengkap]

pengertian migrasi menurut para ahli

IndonesiaStudent.ComMigrasi menjadi salah satu pembahasan yang cukup sering diperdengarkan, pembahasan ini menyangkup berbagai pengetahuan dalam Ilmu Sosial, misalnya saja yang kosentrasi terhadap proses migrafi atau materi migrasi adalah Sosiologi, Geografi, dan juga Ilmu Ekonomi.

Pembahasan yang lengkap, barangkali tulisan ini adakan mengemukakan tentang Pengertian Migrasi Menurut Para Ahli.

Pengertian Migrasi Menurut Para Ahli


Rozy Munir (1981)

Pengertian migrasi sebagai perpindahan penduduk dengan tujuan untuk menetap dari satu tempat ketempat lain melampau batas politik/negara ataupun batas administratif atau batas bagian suatu  Negara. Jadi dalam pengertian ini migrasi dapatlah diatakan sebagai perpindahan yang cukup permanen dari satu tempat ketempat lain.

Baca: Pengertian Bonus Demografi, Indikator, dan Manfaat Beserta Ancamannya Lengkap

La Ode Syarifuddin (1985)

Menurutnya, migrasi adalah suatu bentuk respon yang ada dalam diri manusia terhadap kondisi/peristiwa yang tidak menyenangkan di daerah asal, seperti halnya dengan sistem pemilikan tanah yang tidak sama sekali menguntungkan, dan lain sebagainya.

Rutman (1970)

Dalam pendangannya, migrasi sangat ditentukan oleh faktor ekonomi yang seringkali melatarbelakangi seseorang untuk melakukan perpindahan.

Dari pengertian migrasi menurut para ahli, penting juga dijelaskan bahwa dalam proses migrasi terdapat dua dimensi penting, yaitu dimensi waktu dan dimensi daerah. Untuk dimensi waktu ukuran yang pasti tidak ada hal ini diakarenaka sulit menemukan beberapa lama seoarang pindah untuk dapat dianggap sebagai seoarang imgran, tetapi bisanya digunakan dalam proses sensus penduduk yang diselanggarakan oleh pemerintah atau swasta.

Adapun dimensi daerah dalam migrasi dapat di bedakan sebagai perpindahan Negara dan perpindahan provinsi atau kesatuan andministratif, yang kemduain istilah ini dikenal dengan migrasi intern.

Sedangkan untuk faktor yang bisa menjadikan seseorang untuk bermigrasi. Diantaranya;

Faktor Penyebab Migrasi


  1. Faktor mengenai daerah yang sudah tidak sesuai dengan harapan dan kenyataan

  2. Faktor tempat tujuan
  3. Halangan atau rintangan yang dianggap menjadi permasalah
  4. Faktor individual/pribadi

Faktor tersebut sebagimana yang dijelaskan oleh Everett S. Lee (Dalam Munir, 2000). Semoga dengan adanya penjebaran tentang 3+ Pengertian Migrasi Menurut Para Ahli [Lengkap]. Ini data memberikan wawasan serta pengetahuan bagi setiap pembaca yang sedang mencari refrensi “Migrasi”. Trimakasih, baca juga artikel lainnya;

  1. 6+ Pengertian Mobilitas Sosial, Bentuk dan Contoh, Serta Faktornya {Terlengkap}
  2. 5 Pengertian Kesulitan Belajar, Ciri, Faktor, dan Cara Mengatasinya Lengkap
  3. Pengertian Demografi Lengkap dan Contoh Pentingnya Demografi Bagi Masyarakat
  4. 8 Pengertian Lingkungan Kerja Menurut Para Ahli, dan Jenisnya [Lengkap]
3+ Pengertian Migrasi Menurut Para Ahli [Lengkap]
Rate this post