4 Pengertian Ulumul Hadits Menurut Para Ahli Lengkap

Posted on

Pengertian Ulumul Hadits Menurut Para Ahli

Pengertian Ulumul Hadits Menurut Para Ahli

Pengertian ulumul hadits pada dasarnya berasal dari dua  kata, yaitu “Ulum” dan Al-Hadits. Kata “Ulum” merupakan suatu bentuk jama dari kata “Ilmu”. Ilmu yang dimaksudkan disini, sebagimana di definisikan oleh Abu Syahbah adalah sejumlah materi pembahasan yang di batasi kesatuan tema atau tujuan, sedangkan hadist secara etimologi (bahasa) memiliki arti jadid, qorib, dan khabar.

Baca Juga: Pengertian Ulumul Qur’an Menurut Para Ahli [Lengkap]

Sebagai penjelasan lebih lanjut, tulisan ini akan menjelaskan tentang pengertian Ulumul Hadits.

Pengertian Ulumul Hadits


Ulumul Hadits adalah suatu ilmu pengetahuan yang membahas atau menelaah hal-hal yang berkaitan erat denga Hadits Nabi Muhammad SAW. Sedangkan menurut para ahli, pengertian Ulumul Hadits adalah sebagai berikut;

Pengertian Ulumul Hadits Menurut Para Ahli


Saeful Hadi

Menurutnya Ulumul Hadits  adalah suatu ilmu pengetahuan yang membahas tentang hadits, baik hal tersebut berkaiatan dengan periwayatannya, materi, dan matan yang dianggap penting karena tidak bisa terpisahkan satu sama lainnya.

Ulama Mutaqaddimin

Definisi Ilmu Hadits atau Ulumul Hadits adalah suatu ilmu pengetahuan yang selalu membahas  tentang cara persambungan hadits sampai Rasul Muhammad SAW, oleh karenannya Ulumul Hadits  selalu mempelajari hal ihwal para perawinya, keadilan, kedhabitan, dan dari bersambung tidaknya sanad dan lain sebaginya.

Al Qadi Abu Muhammad Ar-Ramahurmuzy

Sebagai tokoh yang menjadi perintis pertama daripada Ulumul Hadits, mendefinisikan bahwa Ulumul Hadits bersifat parsial karena di dalam materinya terdapat pembahasan yang membicarakan tentang hadits dan para perawinya.

Demikianlah beberapa pembahasan tentang “Ulumul Hadits” yang menyangkut tentang Pengertian Ulumul Hadits Menurut Para Ahli Lengkap. Semoga dengan adanya definisi Ulumul Hadits ini dapat membantu bagi segenap pembaca yang sedang mencari refrensi tentang “Ulumul Hadits”. Trimakasih, baca juga artikel lainnya;

  1. Pengertian Dzikir dan Kutamaannya [Lengkap]
  2. 7 Pengertian Al-Qur’an Menurut Para Ahli Lengkap
  3. “Pembelajaran Al-Qur’an” Pengertian, Masalah, dan Solusinya [Lengkap]
  4. Pengertian Pendidikan Islam Menurut Para Ahli dan Tujuannya [Lengkap]
4 Pengertian Ulumul Hadits Menurut Para Ahli Lengkap
Rate this post