Pimnas dan Tujuan Diselenggarakannya Pimnas

Posted on

IndonesiaStudent.Com– Pimnas barangkali istilah paling familir bagi kalangan mahasiswa. Istilah ini familiar karena pada Pimnas diselenggarakan setiap tahunnya, baik tahun 2012, 2013, 2014, ataupun tahun 2016. Pimnas diselenggarakan karena pemerintah melihat bahwasanya aset masa depan, khusunya mahasiswa memiliki potensi dan energi yang bisa menjadi sulusi atas berbagai permsalahan dalam negri.

Baca: 11 Cara Didanai PKM Dikti dan Menjadi Juara Pimnas

Sebagai ulasan lebih lanjut pada tulisan ini, IndonesiaStudent.Com akan menjelaskan seputar Pimnas dan tujuan diselenggarakan Pimnas oleh Ditjen Dikti.

Pengertian Pimnas


Pimnas adalah kepanjangan dari Pekan Ilmiah Nasional yang dilakukan sebagai pendorong agar mahasiswa dapat melatih kreativitas, mentalitas, kerjasama, dan komunikasi yang bermanfaat antar intelektual muda.

Pada Pimnas ini Ditjen Dikti memberikan kesempatan bagi setiap Perguruan Tinggi untuk menampilkan hasil penelitian, pengebdian atau karya setiap mahasiswa yang lolos pada PKM (Pekan Kretaivitas Mahasiswa). Mahasiswa tersebut tentunya adalah mahasiswa terbaik, karena belum tentu mahasiswa yang PKMnya didanai Dikti akan lolos pada tahap Pimnas.

Baca:

Sampai saat ini, beberapa kampus besar di Indonesia seperti UGM, UI, ITB, dan Brawijaya pernah juara dalam Pimnas.

Tujuan Diselenggarakan Pimnas.


Pimnas yang menjadi perlombaan kelas nasional yang paling bergengsi memiliki beberapa tujuan. Diantaranya tujuan tersebut ialah sebagai berikut;

Tujuan Pimnas


  • Pimnas menjadi sarana komunikasi mahasiswa yang ada di Indonesia, baik dari PTN ataupun PTS.

  • Pimnas bertujuan membuka peluang dan pengembangan atas potensi mahasiswa dalam kegiatan ilmiah.
  • Pimnas diselnggarakan dalam angka mempertajam wawasan dan juga meningkatkan kreativitas mahasiswa dalam suatu pengembangan Iptek dan seni.
  • Pimnas bertujuan meningkatkan posisi tawar mahasiswa, ketika nanti selesai di masa perkuliahan, baik posisi tawar tersebut untuk  dunia kerja ataupun masyarakat.
  • Pimnas dilakukan untuk mengukur proses belajar mengajar di Perguruan Tinggi.
  • Piamnas dilakukan untuk meningkatkan ketrampilan seorang mahasiswa dalam menyampaikan karya intelektualnya pada forum ilmiah, baik sekala nasional ataupun regional
  • Pimnas dilakukan untuk mempererat kerjasama akademik dan tali persaudaraan dalam bingkai NKRI.

Demikianlah sekilas ulasan mengenai Pimnas, semoga ulasan ini dapat memberikan gambaran kepada setiap mahasiswa agar berpretasi kedepannya. Trimakasih, jangan lupa agar lolos Pimnas baca artikel tentang PKM-IndonesiaStudent.com

Pimnas dan Tujuan Diselenggarakannya Pimnas
Rate this post