“Vacuum Cleaner (Penghisap Debu)” Pengertian, Sejarah, Jenis & Cara Kerja [Lengkap]

Posted on

“Vacuum Cleaner (Penghisap Debu)” Pengertian, Sejarah, Jenis & Cara Kerja [Lengkap]

Vacuum Cleaner atau Penghisap Debu

IndonesiaStudent.ComVacuum Cleaner atau yang lebih dikenal dalam masyarakat kita dengan penyebutan penghisap debu sangatlah penting untuk dektahuai bagi setiap orang, mengingat pada saat ini Vacuum Cleaner sudah dianggap kebutuhan bagi setiap orang.

Oleh karena itulah pada kesempatan kali ini, IndonesiaStudent.Com akan menguraikan tentang pengertian, sejarh, jenis, dan cara kerja Vacuum Cleaner.

Pengertian Vacuum Cleaner


Penghisap debu atau vacuum cleaner adalah suatu peralatan yang bersifat modern dan dipergunakan dalam berbagai kebutuhan, misalnya dalam membantu para pekerja atau pekerjaan Rumah Tangga, khususnya penghisap debu ini dinilai lebih cepat dan efisien waktu.

Baca: Pengertian Elektronik dan Macam-Macam Alat Eletkrotik Rumah Tangga

Sejarah Vacuum Cleaner


Pada awal mulanya vacuum cleaner ditemukan oleh James Murray Spangler dari Negara Amerika pada 1907. Penyedot debu atau vacuum cleaner yang diperkenalkan Murray ialah suatu bentuk penyedot debu yang kemudian digunakan atau dioperasikan dengan listrik dan berukuran sangat kecil sekaligus ringan sehingga mudah digunakan.

Jenis – jenis vacuum cleaner


Jenis Vacuum cleaner yang ada di pasaran sangat banyak, akan tetapi untuk lebih jelasanya ada 3 jenis penghisap debu yang seringkali dipergunakan, berikut uraikan tiga jenis tersebut;

Jenis Penyedot Debu Upright 

Jenis ini penyedot debu upright pada kenyataannya sangat banyak dipergunakan dalam berbagai kebutuhan rumah tangga, misalnya saja dalam membersihkan lantai ruangan yang memiliki lapisan karpet.

Canister Jenis Penyedo Debu Upright

Canister Penyedot Debu Jenis vacuum cleaner ini cukup fleksibel, berbeda dengan jenis Upright yang tidak memiliki pipa sebagai penyedot agar mempermudah bagian tersembunyi untuk dibersihkan.

Robotic Penghisap Debu

Robotik Semakin canggih tekologi maka beberapa vendor industri juga tak mau kalah untuk melakukan inovasi teknologi, termasuk untuk penyedot debu. Kini tersedia jenis penyedot debu jenis robotic yang cara kerjanya hampir 90% dikontrol dengan digital atau remote control.

Jenis penyedot debu lainnya adalah; Wet atau dry Jenis Wet and Dry, Pneumatic Penyedot Debu Pneumatic,  Backpack Penyedot Debu,  Hand held,  Cyclonic  Dust Cleaner,  Central Built In Penyedot Debu dan Constellation Penyedot Debu

Cara Kerja Vacuum Cleaner


  • Prinsip kerja dari vacuum cleaner ini dengan cara memanfaatkan perbedaan tekanan

  • Fan (kipas) akan mengurangi tekanan didalam vacuum cleaner sehingga terjadi vacuum (ruang hampa)
  • Arus listrik akan mengalir ke motor listrik sehingga motor berputar.
  • Motor akan memutar kipas angin (fan) yang dipasang pada poros
  • Ketika berputar, sudu-sudu kipas angin menekan udara ke arah
  • Apabila partikel-partikel udara ditekan, kerapatan udara meningkat di depan fan dan turun di belakang fan.
  • Tekanan Atmosfir akan mendorong udara luar kedalam vacuum cleaner sehingga debu akan ikut terhisap masuk kedalam kantong debu  didalam vacuum cleaner
  • Debu dan udara yang terhisap melalui penyedot (intake port) melewati penyaring (filter). Debu ditampung di kantong debu (dust  bag) dan udara dibuang dalam keadaan bersih ke atmosfir setelah melewati penyaring.

Demikianlah pembahasan mengenai “Vacuum Cleaner (Penghisap Debu)” Pengertian, Sejarah, Jenis & Cara Kerja [Lengkap] . Semoga dapat bermanfaat bagi setiap pembaca yang sedang mencari refrensi tentang “Penghisap Debu”. Trimakasih, jangan lupa baca juga artikel lainnya;

 

“Vacuum Cleaner (Penghisap Debu)” Pengertian, Sejarah, Jenis & Cara Kerja [Lengkap]
Rate this post